Strategi Shopee Menang


Bagaimanakah Langkah Shopee Memenangkan Persaingan Marketplace Di Indonesia?

Simak Analisa Dibawah Ini

Shopee, sebuah marketplace yang baru masuk di indonesia pada tahun 2015, sekarang menjadi top 1 dari deretan marketplace yang ada di tanah air. menyalip tokopedia yang menjadi urutan kedua yang sempat saling berebut posisi pertama ditahun lalu. walaupun masih baru tapi langkah shopee dalam menggaet pengguna baru bergerak sangat masif dan terstruktur.

Ada banyak sekali strategi shopee yang dilakukan dalam pemasaran dirinya. dan berikut saya akan ulas strategi apa saja itu.

1. Following Trend

Pernahkah kalian melihat promo besar-besaran shopee di aplikasi tiktok? jika iya. itulah salah satu strategi shopee untuk mencari pelanggan baru yang masih segar. kita tahu tiktok saat ini trendnya sedang naik dan banyak sekali konten kreator entah itu dari instagram atau youtube yang berimigrasi ke tiktok. ataukah kreator baru yang memang besar karena tiktok. nah disitulah shopee melihat peluang kalau para anak muda banyak sekali yang berkumpul di tiktok sehingga shopee sering mengadakan promo besar-besaran di tiktok. dan kalau kalian lihat, banyak sekali konten kreator tiktok yang followersnya ratusan ribu sampai jutaan digunakan shopee sebagai pengisi iklannya. teknik tersebut digunakan untuk merangsang para anak muda untuk lebih doyan belanja dan memilih shopee sebagai tempatnya.

2. Mengadakan Promo Besar-besaran Untuk Pengguna

Daripada marketplace lain, shopee lebih sering mengadakan promo-promo besar. seperti promo pada sebuah brand, promo super sale, promo bank, promo cashback besar, promo gratis ongkir, promo serba seribu dan masih banyak lagi. itulah strategi shopee untuk menyusun langkahnya memetakan penggunanya. dari situlah shopee mengetahui promo mana yang paling banyak dicari penggunannya dan dari situ data interest tercipta sehingga shopee tau mana promo yang harus ditingkatkan mana promo yang harus dibuang.

3. Membuat Sistem Refferal

Nah program ini yang baru aja diadakan shopee yang ditunjukan ke pengguna lama untuk merekrut pengguna baru. dan sistem ini sebenernya telah ada sejak lama dengan nama undang teman. cuman karena melihat ada event tiktok dan snack video yang sedang ngadain event refferal akhirnya pihak shopee pun juga mengikuti. bahkan yang baru ini bisa mendapatkan bonus hingga 2 juta loh.

4. Membuat Sistem Affiliate Program

Program tersebut diadakan shopee untuk para influncer di youtube, instagram, facebook, tiktok, dan lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menawarkan produk shopee sebagai konten mereka. keuntungan mengikuti program tersebut adalah punya kebebasan dalam mempromosikan produk, fleksibel, prosesnya yang begitu mudah dan komisi yang sangat transparan.

5. Mempunyai Brand Ambasador

Sederet aktor dan aktris jadi brand shopee saat ini dan yang terbaru ada joe taslim dan jackie chan. joe taslim sebagai aktor laga dipilih oleh direktur shopee dengan harapan sebagai sosok menginspirasi banyak orang dengan prestasinya. sejalan dengan tujuan shopee sebagai tempat menyebar semangat dan harapan. dan untuk brand ambasador lainnya ada mas al dan mbak andin pemeran ikatan cinta atau nama aslinya arya saloka dan amanda manopo. trend sinetron ikatan cinta yang disukai ibu-ibulah yang membuat shopee menjadikan mereka brand ambasador. dan kalangan para ibu-ibu itulah yang jadi incaran shopee memasarkan produknya.

6. Event Tiada Henti

Setiap bulan ada aja event yang di adain shopee. dan yang paling sering adalah shopee 10.10 atau 9.9 intinya tiap tanggal cantik shopee pasti ngadain event big salenya dan dengan segudang promo dan diskon besarnya. kemaren ngadain event bonus 2 juta, terus event tanam shopee 30 M, terus shopee mantul dan masih banyak lagi. dibanding marketplace lain, shopeelah yang lebih sering ngadain event.

7. Promosi Media Yang Tepat

Tempat promosi shopee itu mengikuti trend pasar dan target pasar. jika dilihat shopee mempunyai target pasar yang jelas sehingga mereka tahu, di media mana mereka harus besar-besaran melakukan promosi. dan tiap media punya pasarnya sendiri, sehingga konten shopee satu media dengan media lain sangatlah berbeda. karena shopee punya teknik relevansi terhadap target pasarnya.

8. Membuat Sistem Gratis Ongkir Tiada Akhir

Program yang satu ini yang menurut saya pribadi sangat digemari oleh banyak orang. pasalnya program gratis ongkir membuat seolah harga barang sangat murah. dan strategi ini terbukti meningkatkan penjualan shopee. setiap program gratis ongkir pasti ada yang namanya minimal pembelian. nah dari situlah shopee meningkatkan penjualannya dengan meningkatkan nilai minimalnya. dan nilai minimal setiap pengguna shopee itu berbeda-beda.

9. Jaminan Harga Termurah

Salah satu strategi shopee untuk meningkatkan penjualannya adalah mengkampanyekan garansi produk murah. dan jika ada pengguna yang mendapatkan harga lebih murah di marketplace lain maka shopee memberikan ganti rugi voucher belanja. kemudian ada juga fitur murah lebay yang dimana menghadirkan deretan produk termurah di shopee dengan berbagai macam kategori.

10. Meluncurkan Kurir Khusus Makanan

Untuk melebarkan bisnisnya, shopee sekarang meluncurkan fitur shopee food. yaitu sebuah layanan antar makanan selayaknya go food atau grab food. dan layanan shopee yang satu ini bukan membuat marketplace lain merinding tapi justru membuat gojek dan grab kaget. karena diluar ekspektasi jika tiba-tiba pihak shopee membuat layanan seperti itu. yang mungkin bisa saja di kemudian hari shopee bisa membuat layanan shopee driver untuk melayani antar jemput penumpang.

 

11. Meluncurkan Paylater

Nah inilah yang disukai kaum ibu-ibu yang demen belanja tapi posisi gak ada duit. nah dengan sistem shopeepay later membuat pembayaran bisa di tempo. entah bulan depan baru dibayar saat gajian, atau 3 bulan dicicil, atau bahkan bisa mencicil sampai 6-12 bulan lamanya. dan hal tersebut pasti meningkatkan penjualan shopee, karena membuat barang mahal jadi murah karena bisa di angsur. dan menurut pengalaman pribadi, semakin banyak kita pernah bertransaksi pakai shopee. semakin nilai kredit yang bisa kita dapatkan semakin tinggi.

12. Menciptakan Dompet Digital

Sebelum shopeepay ada, seluruh transaksi shopee masih menggunakan transfer bank, ritel dan metode pembayaran lainnya. dan kemudian di tahun 2018 rilislah layanan shopeepay. sebuah alat pembayaran milik shopee yang sekarang bukan hanya bisa bertransaksi di platform shopee saja tapi sudah ke banyak merchant lainnya; seperti alfamart, alfamidi, KFC, Starbucks dan lain sebagainya. hal tersebut membuat shopeepay bukan hanya di pandang alat pembayaran khusus untuk transaksi yang ada di dalam platform shopee, tapi sudah bisa selayaknya payment gateway lainnya.

Kalau dilihat dari arah strateginya, ada kemungkinan shopee akan mencoba menguasai seluruh model bisnisnya dalam genggamannya. mulai dari jual barang, bayar barang, kredit barang, sampai antar barang. dan hal tersebut bisa membuat shopee memonopoli pasar perdagangannya. katakanlah jika shopee terus-terusan memberikan gratis ongkir, otomatis transaksi shopee akan meningkat dan layanan antar barang juga akan mendapatkan bagiannya. nah apabila nanti seluruh sistem antar barang membuat shopee express di jadikan default atau pihak shopee sudah tidak memberikan opsi layanan antar barang lain, maka shopee express lah yg paling banyak di untungkan.

Dan mungkin saja saat ini shopee sedang menyiapkan strateginya untuk membuat economic loppingnya dengan langkah awal meluncurkan shopee food. dan jika shopee food bisa menguasai pasar disitulah akan muncul layanan baru yang bisa membuat kompetitor kalang kabut.

Copyright © 2022

   

teknikgadget.com