Apa itu marketplace, contoh, dan persaingan


Apa itu marketplace

Marketplace adalah sebuah tempat yang mempertemukan antara pembeli dengan penjual dan memberikan akses ke pembeli untuk melihat, memilih, dan membeli barang. dan juga memberikan akses ke penjual untuk memposting barang dagangan, memberikan harga, memperlihatkan posisi barang dagangan penjual serta memberikan akses keduanya untuk bertransaksi dalam satu tempat secara online.

Sejarah Marketplace Di Indonesia

Awal mula marketplace ada di indonesia terjadi pada tahun 1999, 5 tahun setelah Indosat sebagai internet service provider pertama di indonesia lahir. di saat itulah ada 2 marketplace yang muncul yaitu kaskus dan bhinneka.com

Kaskus diciptakan sebagai forum jual-beli oleh andrew darwis, setelah itulah bhinneka.com juga ikut didirikan sebagai tempat jual-beli mengikuti kaskus. sebenarnya situs bhinneka.com telah berdiri ditahun 1993 dan baru diluncurkan pada tahun 1996 tapi hanya sekedar company profil. dan baru ditahun 1999 bhinneka baru membulatkan tekad untuk launching setelah dihantam krisis moneter 1997-1998.

Setelah tahun 2000-an keatas, mulailah situs jual-beli bermunculan seperti glodokshop.com, datakencana, wetmarket, FastnCheap, LippoShop, iklanbaris.co.id, gadogado.net yang merupakan situs lelang. dan pada akhirnya mereka pun berjatuhan di hantam para pesaing dibidang yang sama. dan mungkin hanya bhinneka yang mampu bertahan sampai saat ini.

Selain itu, beberapa warganet juga lebih suka jual-beli secara personal di forum-forum publik hingga akhirnya tercipta sebuah ide untuk membuat sebuah situs jual-beli yang jauh lebih terstruktur. dan lahirlah tokobagus.com . disaat itu juga pemerintah menyadari pertumbuhan transaksi online meningkat dan pada akhirnya memutuskan membuat draft UU e-commerce.

Kemudian mulailah bermunculan marketplace-marketplace baru seperti tokopedia yang didirikan tahun 2009, bukalapak dan blibli ditahun 2010, dan disusul marketplace luar negeri yang masuk ke indonesia. seperti rakuten ditahun 2011, lazada ditahun 2012, shopee ditahun 2015 dan sederet marketplace lainnya.

Persaingan Marketplace Di Indonesia

Ditahun 2021 persaingan para marketplace semakin ketat. karena para pesaing sering mengadakan promo besar-besaran karena efek covid-19 yang membuat para pedagang dan pembeli offline banyak berimigrasi ke online melalui marketplace.

Dari beberapa marketplace yang ada di indonesia, hanya 6 saja yang cukup tinggi kunjungan perbulannya menurut data similarweb di situs mereka.

di posisi pertama ada tokopedia dengan kunjungan perbulan mencapai 161.99 juta pengguna. di urutan kedua ada shopee dengan total kunjungan perbulan 134.63 juta pengguna. di posisi ketiga ada bukalapak dengan nilai pengunjung 31.22 juta pengguna perbulan. di rangking keempat ada lazada dengan pengunjung mencapai 29.01 juta pengguna perbulan. di posisi kelima ada blibli dengan pengunjung mencapai 15.77 juta pengguna dalam sebulan. dan di urutan terakhir ada jd.id dengan pengunjung 4 juta pengguna perbulan.

Untuk peringkat marketplace di aplikasi android justru berbeda jauh urutannya dengan urutan pengunjung website mereka.

menurut data dari similarweb, diukur dari penginstalan dan pengguna yang aktif. di urutan pertama ditempati oleh shopee, di urutan kedua disusul lazada, kemudian diurutan peringkat ketiga ada tokopedia. di posisi ke empat ada bukalapak, di posisi kelima ada OLX yang menggeser blibli, di posisi 6 dan 7 malah di tempati akulaku dan tokopedia seller. dan baru di posisi 8 ada blibli dan terakhir posisi 9 baru jd.id .

Berikutnya data aplikasi marketplace di iphone menurut rangking di apps store

Diposisi pertama ada shopee, kedua ada tokopedia, ketiga ada lazada, posisi 4,5,6 ada uniqlo, akulaku, dan olx dan baru diposisi 7 ada bukalapak kemudian di ikuti zalora. untuk jd.id ada di peringkat 10 dan terakhir ada blibli berada di peringkat 14, tersalip marketplace yang lain yang tidak begitu populer di indonesia.

Kalau dilihat dari posisi marketplace diatas, 3 paling top di pegang shopee, tokopedia, dan lazada. dan shopee yang menurut analisa saya menjadi marketplace primadona ditahun 2021 karena dilihat dari data diatas shopee selalu menempati posisi teratas. dan hal tersebut lumrah menurut saya, karena akhir-akhir ini shopee gencar mengadakan promosi besar-besaran.

Dan promosi yang paling gencar adalah program gratis ongkirnya dengan minimal 0 nilai pembelian, yang membuat para pengguna semangat untuk membeli barang di aplikasi shopee. dan strategi tersebut mampu menggeser para marketplace lain yang jauh lebih dahulu terkenal, ketimbang shopee yang baru ada di indonesia di tahun 2015. walaupun tergolong masih baru shopee menunjukan taringnya kalau dia marketplace yang tidak bisa dianggap remeh.

Copyright © 2022

   

teknikgadget.com